Amalan untuk mendatangkan Rezeki

berdoaSebelum lahir, Allah SWT telah menetapkan 3 (tiga) perkara kepada manusia tentang Umur, Jodoh dan Rezeki, semua telah dituliskan.

Pengertian “telah dituliskan” menurut saya – orang yang awam dan bodoh ini- adalah masih bersifat abstrak dan banyak penafsiran. Mengapa ? Sebab walaupun telah ditentukan namun Allah Swt juga telah memerintahkan hambanya untuk berikhtiar.

Berikut adalah amalan sepanjang masa untuk mendatangkan rezeki:

1. Shalat Dhuha

Shalat Dhuha ini dilakukan pada pagi hari setelah matahari terbit (kira kira jam 8 pagi) sampai jam 11 siang. Jumlah rakaatnya adalah 2, 4, 6 dan 8 rakaat (kelipatan 2 rakaat).

Berikut adalah Doa setelah shalat Dhuha :

doa_sesudah_sholat_dhuha

Gambar diambil dari http://athay.wordpress.com

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

2. Bersedekah

Bersedekah dengan ikhlas dan (kalau bisa) jumlahnya besar. Artinya, jika mampu bersedekah Rp 100.000, mengapa hanya bersedekah Rp 1000 ?. Kalau perlu sekali kali kasih aja tukang parkir atau pengemis dengan uang “kagetan” Rp 100.000. Pasti aja tukang parkir atau pengemis tadi akan kaget. Dan Insya allah kita juga akan “dikagetkan” oleh Allah swt dengan Rezeki yang besar !!!. Tapi sekali lagi ingat, bersedekah harus ikhlas…

Kedua amalan di atas jika dilakukan dengan rutin dan Istiqomah insya allah hasilnya akan luar biasa. Sekedar info saja, banyak pengusaha dan orang “berada” lainnya yang menjadikan kedua amalan di atas sebagai amalan rutin.

Namun yang terberat menurut saya bukan amalannya, namun justru menjaga rutinitasnya itulah yang membutuhkan kemauan yang sangat kuat.

Banyak sekali orang yang pada awalnya menggebu gebu, namun begitu rezeki sudah mulai meningkat dan kesibukan semakin banyak maka amalannya pun tidak dijalankan lagi.

Selain 2 amalan di atas, masih banyak lagi amalan lainnya yang – insya allah – akan mendatangkan rezeki.  Tulisan dibawah ini saya ambil dari http://adekurniawati.wordpress.com, inilah amalannya :

1.  Memperbanyak istighfar kepada Allah

“Barang siapa yang memperbanyak istighfar, maka Allah akan menjadikan jalan keluar dari setiap kesusahan dan kesempitan, dan Allah juga akan mendatangkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (rowahu Ahmad)

2.  Memperbanyak infak fi sabilillah

“Dan barang apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’ : 39)

3.  Memperbanyak silaturohim

“Barang siapa yang ingin dibentangkan/dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka supaya bersilaturohim.” (rowahu Bukhori)

4.  Senang menghormati tamu

“Tamu datang dengan membawa rezeki dan pulang dengan membersihkan dosa kalian.” (rowahu Syih)

5.  Berusaha menjadi orang yang jujur/amanah

“Amanat mendatangkan rezeki dan khianat mendatangkan kefakiran.” (rowahu dailami)

6.  Meningkatkan taqwa kepada Allah

“Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan Allah memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. At Tholaaq : 2-3)

7.  Memperbanyak tawakkal kepada Allah

“Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. At Tholaaq : 3)

8.  Supaya selalu Husnudzzhan billah

“Sesungguhnya Allah di sisi persangkaan hamba-Nya dan Allah bersama hambaNya ketika ia berdoa.” (rowahu Muslim)

9.  Menertibkan sholat tahajud dan do’a 1/3 malam

“Allah turun ke dunia/bumi ketika 1/3 malam yang akhir. Dan Allah berfirman : Barang siapa yang berdo’a kepadaKu maka akan Aku kabulkan, barang siapa yang meminta kepadaKu maka akan Aku berikan, dan barang siapa yang meminta ampun kepadaKu maka akan Aku ampuni.” (rowahu Bukhori).

Demikian dan semoga Artikel tentang amalan untuk mendatangkan rezeki ini bermanfaat untuk anda….

64 thoughts on “Amalan untuk mendatangkan Rezeki

  1. Ping-balik: Bisnis Laundry modal Rp 100 ribu ? « Yusuf's Weblog

  2. Rezeki adalah kuasa Allah. Tapi wajibnya manusia adalah berusaha. Allah tidak akan mengubah suatu kaum melainkan atas usahanya sendiri. amalan bagus nih saudarakau, tapi di tambah menyurgakan orang tua ya biar lebih mustajab. amien…

  3. Kerjakan amalannya dng ikhlas. Krn amalan/ibadahmu tdk menjamin bisa membawamu bertemu/dikabulkan Allah Swt, tp ikhlasmu lah yg bisa membawamu bertemu/dikabulkan dng Allah Swt segala apapun yg kamu minta!

  4. thanks boss…. awal-awalnya memang belum bisa ikhlas.. cuma ada mau nya aja… tp saking keseringannya,,, sekarang jadi rutinitas… kalo gak sholat dhuha pasti rasannya ada yang beda aja boss… pokokke kata ustadzku.. jaman sekarang tuh kalo mau ibadahnya bagus ya harus di paksa… hehehe,,,, kalo gak pasti kemakan bujukan syetan…cz orang ibadah tuh temennya syetan…!!! ( jangan salah artiin) maksudnya orang ibadah pasti di halang2i syetan, entah itu dengan ngantuk lah,sibuk lah,ini lah… dll… iya gak…??

  5. Aslmkm. . .skdar berbagi, perbanyak sholawat kepada baginda ROsul waktU pagi dan petang dgan bilangan ikLas juga bs mendatangkan rezeky yg luarbiasa. . .

    Cara sempurna Nya =
    1.BaCalah Bismillah
    2.Bismillahirohman
    3.Bismillahirohmanirohim wiritkan seiklasnya. . .lalu dsambung dgan sholawat seiklas. .jgn lp seperti bg yusuf blg,SeDekah. . .karna dgan seDekah kt dkatakan berbagi,nah jika kt sudah mau berbagi. . .insyALLAH Gusti ALLOH akan membagi kt rezeky yg lebh dari pd yg slma ini kt dapat. . . Hanya skdar berbagi saja,kurang atau lebh mhn dmafkan. . .rasanya diri ini msh jauh dari kata pantas!

  6. Rezeki oh rezeki engkau begitu dicari,dinanti dipuji dimanakah engkau Rezeki mungkin kau sudah pergi…he..he..he
    Ini amalan yang benar tapi jangan keterusan yach entar agk melenceng ada rezeki karena shalat Dhuha dan ada Rezeki Karena Udah Sedekah. yang pada Hakikatnya sebetulnya semua hanyalah Ikhtiar bukan pasti namun gak salah kalau dilakoni hi hi hi… permisi

  7. Assalamu’alaikum Wr,Wb

    Semog setelah membaca dan mengamalkan tulisan ini, saya dan keluarga menjadi orang yang mendapatkan rahmat dari ALLAH SWT, Amien

    Terimakasih atas postingan yang bermanfaat ini

    Salam

  8. Mengapa orang yang amalannya bolong-bolong, jarang sholat, tp do’anya selalu dikabulkan oleh Alloh.. rezekinya lancar, kenapa? karena Alloh telah mematok atau memberi jatah rezeki hambanya tersebut ya segitu-segitu saja, Alloh tidak mau hambanya itu dekat dengan-Nya, Alloh membiarkan dia bergelimang dosa dan Alloh berikan semua jatah hambanya itu..
    sedang kita yang sudah melaksanakan perintah Alloh, sering memperbanyak amalan sunnah, namun tak kunjung terkabulkan do’anya. Jangan khawatir sahabat, Mudah bagi Alloh buat memberikan nikmat, karunia rahmat dan hidayah-Nya untuk kita, hanya saja Alloh ingin kita selalu dekat dengan-Nya, berdo’a padaNya dan dan memuji nama-Nya.. Yakinkan hati bahwa balasan Alloh itu ada, jika tak dapat di dunia masih ada akhirat sahabat..!!!

    Intinya, Lakukan ibadah dengan niat, niat karena Alloh bukan karena ingin dapat keajaiban rezeki karena amalan tersebut karena Alloh memang telah menjanjikan jika hambanya melakukan amalan, dan Alloh akan memberikan-Nya.

    Ikhtiar, do’a, berprasangka baik dengan Alloh dan tawakal.. serahkan semua pada Alloh dan perbanyak istighfar.. selesai !! insyaAlloh rezeki akan menghampiri kita tanpa kita mencari-carinya.

    Semoga Alloh melimpahkan rahmat, hidayah dan nikmat dan karunia-Nya buat kita sekalian, amin.

  9. tanxs bngeTz bwt infromasi y..
    Smga Allah swt..
    Membuka setiap hijab yg menghalang dtng y rijzky kpd MAS…

    Nhwun..
    Assalammu alaikum wr’wb..

  10. Sekedar ikut berbagi amalan Doa Mohon Rezeki

    Doa mohon agar selalu diberi kelancaran dalam mencari rezeki, dengan rezeki yang baik, Bacaannya :

    Doa Mohon Keluasan Rejeki :

    فَتَقَبَّلَها رَبُّها بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَ أَنْبَتَها نَباتاً حَسَناً وَ كَفَّلَها زَكَرِيَّا كُلَّما دَخَلَ عَلَيْها زَكَرِيَّا الْمِحْرابَ وَجَدَ عِنْدَها رِزْقاً قالَ يا مَرْيَمُ أَنَّى لَكِ هذا قالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللهِ إِنَّ اللهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشاءُ بِغَيْرِ حِسابٍ

    Fataqobbalahaa robbuhaa biqobuulin hasaniw wa ambatahaa nabaatan hasanaw wakaffalahaa zakariyyaa, kullamaa dakhola ‘alaihaa zakariyyal mihrooba wajada ‘indahaa rizqoo, qoola yaa maryamu annaa laki haadzaa, qoolat huwa min ‘indillaah, innallooha yarzuqu may yasyaa’u bighoiri hisaab.

    Maka diterimalah (permohonannya itu) oleh Tuhannya dengan penerimaan yang baik. Dan Dia pertumbuhkan dia dengan pertumbuhan yang baik. Dan mengasuh akan dia Zakaria. Tiap-tiap masuk Zakaria ke tempatnya di mihrab, didapatinya ada makanan di sisinya. Berkata dia: wahai Maryam Dari mana engkau dapat ini ? Dia menjawab. dia adalah dari Allah, karena sesungguhnya Allah memberikan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dengan tidak berkira. (Al-Imran:37).

    Doa Nabi Isa mohon curahan rejeki :

    رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لأوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيرُ الرَّازِقِينَ

    Rabbana anzil ‘alainaa maa idhatamminassamaa itakuunulana ‘iidhalliauwalina wa aakhirinaa wa aayatammingka war zhuqna wa anta khairurraazhikiin

    Ya tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezki Yang Paling Utama. (Al-Ma’idah:114).

    Doa Nabi Sulaiman mohon ampunan dan keluasan rejeki :

    قالَ رَبِّ اغْفِرْ لى وَهَبْ لى مُلْكاً لا يَنْبَغى لأَحَدٍ مِنْ بَعْدى إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّابُ

    Qoola rabbighfirli wahabli mulka la yambaghili ahadhim mim ba’dhi innaka antal wahhaab

    Ia berkata, Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi. ( Shaad:35).

    Doa Ayat Seribu Dinar :

    وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا ()وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

    Wamayyataqillaha yajj’allahuu makhrojaa. Wayarzuqhu min haitsu laa yahtasib, wamayyatawakal alallahi fahuwa hasbuhuu. Innallaha baalighul amrih. Qod ja’alallahu likulli syai’ing qodroo.

    Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (Q.S. at-talaq:2-3).

    Boleh dibaca setiap hari, baik setelah shalat wajib, atau di waktu senggang yang lainnya, secara langgeng (rutin). Lebih baik jika dibaca setelah shalat hajat dan shalat dhuha.

  11. Assalamualaikum Wr.Wb

    Saya salah satu pengamal Ayat Kursi dalam bentuk Riyadhoh. Alhamdulillah banyak sekali keberkahan dan keberlimpahan yang saya dapatkan dalam hidup saya setelah mengamalkan Riyadhoh Ayat Kursi. untuk mengetahui bagaimana Riyadhoh Ayat Kursi jika berkenan silahkan berkunjung di http://riyadhohayatkursi.com/ atau http://riyadhohayatkursi.wordpress.com/

    Untuk admin saya mengucapkan terima kasih telah diperkenankan untuk singgah disini

    Wassalamualaikum Wr.Wb

    Kangmas Satrijo

  12. Ini dia Amalan rahasia memperlancar rezeki 40 hari

    Untuk anda yang sedang menginginkan rezeki tercurah
    Atau kepepet hutang
    Atau mempercepat hajat

    Coba amalan di bawah selama 40 hari. 40 hari menurut hitungan saya, karena saya belum menemukan dalilnya. Amalan ini Insya Allah mendatangkan keajaiban rezeki yang tercurah luar biasa. Jika ada keajaiban hubungi saya ya? Adhin Busro 081210806897

    Mulai aktifitas dengan shalat dhuha

    Pagi hari Mulai aktifitas dengan bismillah lengkapnya. Bismillaahi tawakkaltu alallaah la haula wala quwwata illa billaahil aliyyil adziim. Yaa fattaahu yaa rozzaaqu, yaa ghoniyyu yaa mughniyyu

    Selama 40 hari jalankan aktifitas seperti biasa yang kerja yan kerja, yang usaha ya usaha

    Jangan memusingkan pikiran anda dengan bagaimana caranya rezeki datang. Enjoy saja dengan aktifitas anda

    Selama 40 hari selalu menolong orang setiap harinya walau hanya mencabutkan satu rumput orang atau membuang duri dijalan.

    Selama 40 hari kalau ada selalu sedekah walau hanya secuil makanan atau seteguk air putih pada yang memerlukan. Untuk lebih mudahnya setiap hari naruh kendi/ceret air minum di tempat umum biar diminum orang yang kehausan.

    selama 40 hari jangan sampai durhaka atau menyakiti hati orang.
    Sebelum menjalani tatacara ini supaya mohon maaf dan minta do’a restu kepada orang tua, kalau sudah mati datangi kuburnya dan minta do’a restu pada Kyai atau Guru ngajinya.

    Selama 40 hari setiap malamnya ± pukul pukul 2-3 tahajud

    Dan seterusnya

    Begitulah amalannya. Jangan percaya amalan yang enggak-enggak yang berjanji akan membuat anda kaya. Ambil amalan yang ada contohnya dari Nabi SAW. Jauhi klenik dan sirik.

    Setelah 40 hari Insya Allah akan terbuka pintu rezeki anda selebar-lebarnya bahkan banyak yang kurang dari 40 hari sudah merasakan perubahan yang hebat.

    Atau anda mau saya pandu untuk membuktikan fadhilah amalan tersebut?

    kunjungi http://www.adhinbusro.com

    Di situ Insya Allah lengkap

  13. Untuk rezeki lancar sebenarnya mudah. Ini bener. Nyata adanya. Ikhtiar maksimal kemudian percepat dengan amalan penarik rezeki, serahkan semua hasil kepada Allah swt.

    Sederhana, namun pemahaman yang benar tentang hal diatas nyatanya susah untuk masuk ke dalam keyakinan kita.

    Mengapa saya mengatakan demikian? Saya sudah bertanya dengan ratusan orang yang ingin kaya, faktanya seperti itu kok.

    Yang pertama dan utama adalah masalah keyakinan. Atau iman di dada. Bisa menjadi sederhana namun bisa menjadi sangat rumit.

    Bingung???

    Kalau anda berkenan kunjungi http://rahasiakuncisukses.com

    Kalau tidak berkenan ya tidak apa-apa

  14. Bismillaahir rohmaanir rohiim.” Allahumma dzissulthonil adziim. Wa dzil mannil qadim, wa dzil wajhil kariim, wa waliyyil kalimaatit tammaati wad da’awaatil mustajaabati ‘aaqilil hasani wal husain, min anfusil haqqi ‘ainul qudrati wannaazhirin, wa ‘ainul jinni wal insi wasy syayaathin,wa iy yakadul ladzina kafaruu li yuzliquunaka bi-abshaarihim lamma sami’udz dzikra wa yaquuluun, innahu lamajnuun wa maa huwa illa dzikrul lil ‘aalamiin, wa mustajaabil qur anil adhim, wa waritsa sulaimaanubnu daawuda ‘alaihimas salaam, al waduudu dzul ‘arsyil majiid, thawwil ‘umrii wa shahhih jasadii waqdhi haajatii waktsir amwaalii wa aulaadii wa habbibnii linnaasi ajma’in. Watabaa ‘adal ‘adaa wata kullum min banii aadama ‘alaihis salaam, man kaana hayyaw wa yahiqqal qoulu alalkaafirin, innaka ala kulli syain qodir,waqul ja alhaqqu wazahaqal bathilu innal bathila kana zahuqaa, Wa nunazzilu minal qur’aani maa huwa syifaa-uw wa rahmatul lil mu’miniin, wala yazidudh dholimina illa khosaraa,washollallahu ala sayyidina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wabaroka wasallam. wal hamdu lillahi rabbil ‘aalamiin.

  15. Basmallah buat urusan rizki yang tidak disangka datangnya Yaitu
    “Bismillahirrahmanirrahim ” dibaca 300 kalilalu membaca ”
    allahumma sholli ala sayyidina muhammadin sholatan tuwassiu bihaa
    alainaa alarzaaq watukhassinu bihaa lanaalakhlaaq wa alaa aalihii
    […]infaq (yayasan amanah Lasem Jateng)anak yatim serta fakir miskin
    “jagalah dirimu dari api neraka walau dengan sebutir
    kurma”SEDEKAH……rek BCA 2520655754 Akhmad

  16. ass ww
    gimana ya kok makin lama makin sulit aja kehidupan kami,padahal infaq sedeqah sudah dijalani.
    yang lebih besar lagi rumah sudah kami hadiahkan ke saudara isteri saya,apakah tuhan tidak memandang saya?
    Click abdul madjid gangga

  17. Ping-balik: Amalan Untuk Mendatangkan Rezeki | SAMMY AIS AL-HABSYI

  18. apa yang disampaikan, diperintahkan, dilakukan/dikerjakan, dituliskan itu benar2 akan terjadi bila kita melakukannya dengan niat yang iklas penuh harapan pasti akan datang itu rezeki dari semua arah oleh Allah SWT amien Ya Allah.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s