Dokter Shopping, Upaya Mencari Kesembuhan

Apa itu Dokter Shopping ? Kalau diartikan apa adanya kira kira artinya adalah “belanja dokter”, “dokter berbelanja” atau arti lainnya yang mirip. Tetapi yang dimaksud dokter shopping disini adalah “kebiasaan para pasien yang suka berpindah pindah dokter”

Sering mengalami berpindah pindah dokter ? Saya yakin jawabannya 95% Ya, sering !

Sayapun IYA juga, SAMA…

Ya, inilah realitas yang ada di masyarakat, seringnya pasien berpindah pindah dokter dalam upaya mencari kesembuhan. Benar atau salah ? Tergantung kita memandangnya…

Saya pikir hal itu sah sah saja sebab pasien jika merasa obat dari dokter tidak manjur maka pasien akan berpindah ke dokter lain untuk mencari resep obat yang manjur. Jika belum ketemu maka pasien akan mencari obat atau pengobatan alternatif. Seringkali upaya mencari kesembuhan tsb berlangsung selama bertahun tahun. Ada yang berhasil menemukan “jodoh” obatnya, ada pula yang tidak menemukan “jodoh” obatnya hingga ajal menjemput akibat penyakit  yang dideritanya.

Apa kata dokter tentang kebiasaan masyarakat yang suka “dokter shopping” ini ?

Kebetulan saya punya kenalan seorang dokter dan menanyakan hal ini. Katanya perilaku Dokter shopping tidak dapat dibenarkan. Seharusnya jika pasien merasa bahwa obat yang diberikan dokter tsb tidak manjur maka sebaiknya pasien tsb datang kembali dan menceritakan perihal obat yang tidak manjur tsb agar dokter menggantinya dengan resep yang baru.

Jika tidak manjur ? kembali lagi…

Jika tetap tidak manjur ? Kembali lagi…

Yang keempat kalinya, jika tidak manjur ? Silahkan pindah dokter !

Menurut teman saya yang Dokter tsb, hal ini dimaksudkan agar dokter mengetahui riwayat penyakit kita secara jelas dan mengeluarkan “segala kemampuan terbaiknya” dan “berpikir keras” untuk memberi resep obat yang paling tepat.

Teman saya tsb juga mengatakan bahwa dokter adalah juga manusia biasa yang memiliki keterbatasan dan menyadari ada kekuasaan tuhan di atas segalanya.

………….

Anda punya pengalaman tentang Dokter Shopping ini ? Tuliskan di kolom komentar…

Gambar diambil dari : http://www.indokter.com

4 thoughts on “Dokter Shopping, Upaya Mencari Kesembuhan

  1. Wa’alaikum salam wr.wb

    kabarnya alhamdulillah baik baik aja mbak…

    semoga mbak henny dan keluarga juga dalam lindungan Allah SWT, amiiin.

  2. pada dasarnya kita mesti memahami bahwa dokter adalah manusia biasa, dia bukanlah orang yang bisa menjamin kesembuhan pasien’ tetapi yakinlah bahwa dokter selalu akan mencari cara untuk melakukan yang terbaik bagi pasien sebab memang untuk itulah dokter terdidik.

    dalam hal belanja dokter saya rasa itu adalah hak dari setiap pasien. pasien disini munya hak untuk mendapatkan pelayana jasa penyembuhan dari dokter yang mana itu merupakan kewajiban dokter.
    namun perlu dipahami, bahwa seorang dokter untuk memahami penyakit pasien memerlukan proses’ dan proses itu terkait dengan waktu, waktu bagi dokter untuk meng observasi penyakit yang diderita oleh pasien.
    nah manakala pasien belanja dokter, hal itu bisa mempengeruhi dokter dalam melakukan observasi dokter, dan hal itu membuat kinerja dokter tidak maksimal.

    so saya rasa kita mesti sabar dan mencoba menaruh kepercayaan pada dokter dan mengurangi budaya belanja dokter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s